14 Cara Cek Samsung J7 Asli (All Series) dengan Kode Rahasia

Ulasan pada kesempatan baik ini admin akan membahas bagaimana cara cek Samsung J7 asli dengan kode rahasia untuk semua tipe Samsung "J7 Series" seperti Samsung J7 2015, 2016, 2017, Samsung J7 Prime, Samsung J7 Pro dan sebagainya untuk menentukan ori atau palsu (KW, replika, tiruan, HDC, supercopy, cloning, fake, dll).

Berawal dari mengantar saudara untuk beli HP android bekas, seorang teman melihat 2 orang yang kebetulan membeli Samsung second ditempat yang sama kemudian 2 orang itu sibuk cek HP asli atau palsu (replika) yang akan ia beli.

Cara Cek Samsung J7 Prime Asli dengan Kode Rahasia

Kemudian saya jadi penasaran bagaimana mereka melakukan cek keaslian dari HP Samsung yang akan mereka beli. Setelah saya mengetahui caranya, maka melalui postingan ini saya akan berikan cara membedakan Samsung J7 asli dan palsu. Karena sekarang sedang marak-maraknya produk replika yang mirip dengan produk asli.

Biasanya produsen KW itu akan meniru persis dari body fisik sampai software didalamnya. Merk yang banyak ditiru adalah brand terkenal dan laris manis penjualannnya. Beberapa merk yang banyak dibuat palsu yakni Samsung, Asus, Sony, Xiaomi, Lenovo, Oppo, HTC, dan masih banyak lagi brand ternama lainnya.

Hal itu sangat mudah mereka lakukan berkat bantuan teknologi dan software yang canggih. Seperti adanya 3D scanner yang memungkinkan untuk membentuk obyek gambar 3D yang sama persis ketika alat ini digunakan untuk scan obyek nyata sehingga mereka memanfaatkan 3D scanner untuk membentuk casing smartphone yang ditirunya.

Melalui metode cara cek Samsung J7 asli memakai kode rahasia pasti masih banyak yang belum mengetahui, silahkan simak di blog ini dan baca lebih lanjut untuk membuktikan kalau HP yang akan dibeli atau yang kalian miliki memang keluaran dari vendor asli.

Saya akan langsung membeberkan cara mengecek HP Samsung J7 asli yang banyak beredar dipasaran Indonesia. Disarankan jangan membeli HP bekas dari online store yang kurang dipercaya, lebih baik COD ditempat sehingga kalian bisa cek kondisi barang langsung untuk mengatasi terjadinya penipuan.

Kode Rahasia Samsung J7 All Series

Kode rahasia yang saya maksud disini yakni General Test Mode. Silahkan kalian buka dial number, lalu ketikkan kode ini *#0*# maka akan muncul menu-menu yang bisa kalian uji untuk mengecek keaslian Samsung J7 seperti pada gambar di bawah ini.


Cara Cek Samsung J7 PRIME Asli

Untuk lebih mudah memahami kode-kode itu, saya akan mencoba menjelaskan dengan Bahasa yang sederhana dengan harapan semoga kalian mengerti dan bisa mencobanya langsung pada perangkat Samsung Galaxy J7 kesayangan kalian. Silahkan lihat penjelasan 14 cara cek Samsung J7 asli yang saya urutkan dari kiri ke kanan sesuai dengan gambar screenshot di atas.

14 Cara Cek Samsung J7 Asli

1) Red, maksudnya adalah kita mengecek kontras warna merah yang dihasilkan pada HP Samsung J7 ini. Jika tingkat kecerahan warna merah tersebut maksimal maka dapat kita pastikan bahwa kondisi kontras Red color tersebut tidak mengalami masalah.

2) Green, maksudnya adalah kita mengecek kontras warna hijau yang dihasilkan pada HP Samsung J7 ini. Jika tingkat kecerahan warna hijau tersebut maksimal maka dapat kita pastikan bahwa kondisi kontras Green color tersebut tidak mengalami masalah.

3) Blue, maksudnya adalah kita mengecek kontras warna biru yang dihasilkan pada HP Samsung J7 ini. Jika tingkat kecerahan warna biru tersebut maksimal maka dapat kita pastikan bahwa kondisi kontras Blue color tersebut tidak mengalami masalah.

4) Receiver, maksudnya disini yaitu suatu tkalian yang memberitahuan adanya penerimaan. Sehingga jika kita tekan tombol Receiver di atas maka HP Samsung J7 akan otomatis mengeluarkan bunyi. Amati bunyi itu, jika terdengar nyaring dan tidak ada suara brisik artinya Samsung Galaxy J7 tersebut berada dalam keadaan aman.

5) Vibration, adalah istilah Bahasa Inggris yang menunjukkan getaran. Jika kita tekan tombol Vibration tersebut maka secara otomatis HP akan terus bergetar. Rasakan getaran tersebut, jika tersendat-sendat berarti ada masalah namun jika lancar berarti aman.

6) Dimming, maksudnya layar HP saat berada dalam keadaan diam atau pada saat tidak dignakan sama sekali. Jika tombol Dimming ini ditekan akan memunculkan tiga warna yakni merah, hijau, dan biru. Dan jika pada saat ketiga warna itu muncul lalu kita menyentuh bagian layar maka layar Samsung J7 akan redup yang artinya fitur tersebut berfungsi dengan baik.

7) Mega Cam, adalah kamera utama pada perangkat Samsung J7 ini. Jika kita tekan Mega Cam ini secara auto kita akan langsung di alihkan untuk membuka aplikasi kamera utama. Silahkan ambil beberapa gambar menggunakan kamera utama ini untuk mengujinya.

8) Sensor, sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita tahu dulu apa itu sensor. Sensor adalah sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Samsung Galaxy J7 terdiri dari sensor Accelerometer, Proxymiti dan Sound sensor.

Nah yang diuji pada General test mode ini adalah sensor Accelerometer. Fungsi sensor ini adalah untuk mengecek akselerasi perangkat Samsung J7 kalian apakah HP tersebut bisa dengan cepat responsive saat layar portrait dan landscape. Jika memang lancar berarti sensor tersebut masih aman.

9) Touch, adalah berfungsi untuk mengetes kepekaan layar saat disentuh. Untuk kembali pada menu general mode berikutnya, kalian wajib menyentuh semua kotak yang telah disarankan. Jika saat disuntuh semua garisnya mengikuti dengan oke artinya tidak ada kendala.

10) Sleep, pasti semua sudah tahu dari katanya saja sudah bisa kita tebak. Sleep adalah posisi dimana kita akan membuat tidur HP Samsung J7 atau berada dalam keadaan lock screen. Silahkan kalian tes sendiri fitur ini karena sangat mudah sehingga tidak perlu lagi untuk dijelaskan secara panjang lebar.

11) Speaker, yaitu tools untuk mengecek kejernihan suara dari Samsung Galaxy J7 yang kalian miliki. Jika tombol Speaker ini ditekan maka akan menghasilkan suara atau lagu yang enak didengar. Jika suaranya tersendat-sendat maka pasti ada masalah pada bagian tersebut.

12) Sub Key, yakni sebuat tools yang digunakan untuk menguji apakah semua tombol yang ada di Samsung Galaxy J7 berfungsi dengan baik atau tidak. Setelah kalian menekan tombol Sub Key ini silahkan kalian tekan semua tombol fisik yang ada di Samsung J7.

Mulai dari tombol power, tombol volume atas, volume bawah, tombol home, tombol menu, dan tombol back. Lakukan secara satu persatu hingga semua tombol tersebut di tekan. Ketika kalian menekan salah satunya maka untuk menunjukkan respon masing-masing tombol akan mengeluarkan warna yang berbeda.

13) Front Cam, adalah kamera sekunder atau kamera depan pada perangkat Samsung J7 ini. Jika kita tekan Front Cam ini secara otomatis kita akan langsung di alihkan untuk membuka aplikasi kamera depan. Silahkan ambil beberapa gambar menggunakan kamera sekunder ini untuk mengujinya.

14) Black, maksudnya adalah kita mengecek kontras warna hitam yang dihasilkan pada HP Samsung J7 ini. Jika tingkat kecerahan warna hitam tersebut maksimal maka dapat kita pastikan bahwa kondisi kontras Black color tersebut tidak mengalami masalah.

Selain kode *#0*# di atas, ada beberapa kode yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan yang wajib kalian coba. Kode-kode tersebut ada di bawah ini.
  • *#1234#    Kode untuk melihat SW version PDA, CSC, dan Modem
  • *#12580369#    Kode untuk mengetahui Info SW dan HW info
  • *#197328640#    Kode cek service mode
  • *#0228#    Kode cek ADC reading
  • *#32489#    Kode cek info pengkodean
  • *#232337#    Kode mengetahui alamat Bluetooth
  • *#232331#    Kode cara Test Mode Bluetooth
  • *#06#        Kode IMEI Samsung J7
  • *#232339#     WLAN (WiFi) Test Mode
  • *#07#        Test History

Diantara semua kode di atas, kode yang paling banyak digunakan yakni IMEI. Untuk cara cek kode IMEI Samsung J7 asli silahkan kalian dial *#06# maka akan muncul 15 digit number yang merupakan identitas smartphone yang kalian miliki.

Melalui kode IMEI kalian mengetahui dari negara mana HP Samsung Galaxy J7 asli dibuat. Misalnya ada kode IMEI seperti pada contoh ini: IMEI: 356406050180933

Perhatikan deret urutan ke 7 dan 8 pada contoh IMEI diatas, lalu sesuaikan dengan Samsung Galaxy J7 kalian termasuk buatan negara mana dan kualitas seperti apa dengan melihat keterangan berikut:
  • 00 : Produksi Perancis (Kualitas sangat baik)
  • 01 atau 10 : Produksi Finlandia (Kualitas normal)
  • 02 atau 20 : Produksi Asia (Kualitas jelek)
  • 03 : Produksi Kanada (Kualitas terjamin baik)
  • 04 : Produksi Korea (Kualitas terbaik dunia)
  • 05 : Produksi Amerika (Kualitas sangat bagus)
  • 08 atau 80 : Produksi Jerman (Kualitas lumayan bagus)

Untuk mengecek keaslian IMEI Samsung J7 kalian, silahkan kunjungi www.imei.info selanjutnya masukkan IMEI yang terdiri 15 digit angka pada kolom yang telah disediakan kemudian pilih “Check” untuk mengetahui hasilnya. Maka kalian akan dibawa pada tampilan informasi tentang device yang kalian cek tadi.

CATATAN: Cara ini berlaku untuk semua Samsung "J7 Series" baik itu Samsung J7 Prime, Samsung J7 Pro, Samsung J7 2015, 2016, 2017 dan seterusnya untuk menentukan keaslian Samsung J7 kalian. 

Semoga postingan ini bisa membantu kalian saat membeli Samsung Galaxy J7 baru atau bekas sehinga terhindar dari HP abal-abal karena kalian kini sudah menjadi pembeli yang cerdas dan cerdik sesuai kebenaran.

Demikian cara cek Samsung J7 asli dengan kode rahasia agar terhindar dari Samsung Galaxy J7 palsu, KW, replika, supercopy, tiruan, kingcopy dan produk lain sejenisnya. Terimakasih dan salam anget dari Cekasli.com and see you next time...

14 Cara Cek Samsung J7 Asli (All Series) dengan Kode Rahasia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Beda HP
Posted by Cek Asli
Cek Asli Updated at: Sabtu, Oktober 07, 2017
LIHAT KOMENTAR
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar