8 Cara Cek HP iPhone Asli Dibuat dari Negara Mana?

Bagaimana cara cek HP iPhone asli berasal dari Negara mana? Pertanyaan semacam itu pastinya akan hadir di benak anda ketika mempunyai perangkat yang berasal dari California ini. Hal tersebut dianggap wajar mengingat banyak sekali beredar produk Apple yang dipalsukan oleh oknum yang hanya ingin mencari keuntungan meskipun merusak reputasi perusahaan Apple.

Nah karena alasan tersebutlah saya akan mengulas cara cek HP IPhone asli dibuat dari negara mana saja untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Hal paling mendasar yang perlu and ketahui adalah setiap produk yang dipasarkan oleh perusahaan California ini berasal dari negara pembuatannya berbeda-beda.

Ada yang "made in Vietnam", ada juga yang "made in China", dan sebagainya. Padahal seharusnya kan "made in California" karena semua produk iPhone ori dibuat disana. Lalu bagaimana bisa berbeda, apakah  itu merupakan ciri HP iPhone palsu?

Setiap Negara tempat produksi HP iPhone memiliki kualitas yang berbeda-beda. Berdasarkan data di 2018, ada beberapa Negara yang dianggap memiliki kualitas produksi HP terbaik karena sudah terpercaya dari tahun ke tahun hasilnya selalu memuaskan pengguna.

Inilah 8 Cara Mengetahui Asal Negara Pembuat HP iPhone Asli

Untuk mengetahui HP IPhone berasal dari Negara mana kita menggunakan suatu indikator dari kode unik yang disebut IMEI. Cara mengecek kode IMEI pada HP IPhone sangat mudah yakni cukup memakai kode rahasia, ikuti langkahnya sbb:

1) Pastikan iPhone anda berada dalam keadaan hidup karena jika posisi perangkat mati maka langkah ini tidak bisa dilanjutkan. Anda wajib mengisi kapasitas baterai pada iPhone tersebut untuk bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2) Pastikan juga sisa baterai pada perangkat iPhone yang anda miliki sudah mencukupi. Minimal 30% untuk berjaga-jaga agar smartphone anda tidak mati ketika proses input kode sedang berjalan sehingga bisa work kapan saja.

3) Buka aplikasi dial Phone pada perangkat iPhone anda, kemudian anda dial kode ini *#06# lalu tunggu selama beberapa waktu untuk melihat hasilnya.

Cara Cek HP iPhone Asli Dibuat dari Negara Mana?

4) Setelah kode rahasia di atas diketik, maka muncul kode unik IMEI pada smartphone IPhone anda seperti pada gambar di bawah!

Cara Cek HP iPhone Asli Dibuat dari Negara Mana?

5) Langkah selanjutnya adalah anda perhatikan dengan baik dari 15 digit nomor tersebut. Misalnya kode IMEI IPhone saya seperti gambar di atas adalah 356879028150736.

6) Maka anda hanya cukup perhatikan deret urutan ke 7 dan 8 pada contoh IMEI diatas, setelah itu anda cocokkan dengan keterangan yang ada di bawah ini:
  • 00 : Perancis (Kualitas sangat baik)
  • 01 atau 10 : Finlandia (Kualitas normal)
  • 02 atau 20 : Asia (Kualitas jelek)
  • 03 : Kanada (Kualitas terjamin baik)
  • 04 : Korea (Kualitas terbaik dunia)
  • 05 : Amerika (Kualitas sangat bagus)
  • 06 : Vietnam (Kualitas bagus)
  • 08 atau 80 : Jerman (Kualitas lumayan bagus)

8) Berdasarkan kode IMEI pada HP IPhone yang saya gunakan, ternyata dibuat di negara Asia atau China. Lalu muncul sebuah pertanyaan umum yakni, apakah IPhone made in China itu asli? Bagi pengguna gadget yang pemula, pertanyaan semacam ini memang sangat sering diajukan.

Kebanyakan pengguna IPhone secara perlahan sudah mulai meragukan keaslian ponsel mereka ketika melihat label ‘made in’ pada kemasan perangkatnya. Memang tidak mengherankan jika mereka khawatir tentang keaslian atau kualitas produk yang mereka gunakan, mengingat maraknya penjualan HP IPhone replika yang beredar bebas di pasar Indonesia.

Jika anda melihat ‘made in China’ pada kemasan perangkat, hal ini berarti HP IPhone anda memang asli buatan China. Tapi, bukankah IPhone berasal dari California? Ya, IPhone memang berasal dari Negeri sana, namun untuk produksi IPhone juga mulai mengandalkan manufaktur outsourcing.

Lebih dari 50% produksi HP IPhone berada di Asia. Mengapa? Hal ini dipicu beberapa faktor yang mempengaruhi yakni: di Asia mudah mendapatkan bahan baku pembuatan iPhone, kecepatan produksi untuk memenuhi target, upah tenaga kerja yang murah, serta menghasilkan laba besar bagi iklim investasi di negara itu.

Pabrik didirikan IPhone di China sudah sejak lama. Selain itu, IPhone juga sudah resmi memiliki delapan pabrik yang berlokasi di seluruh dunia termasuk Korsel, Vietnam, Singapure, dan di beberapa Negara lainnya.

Jadi, jika HP anda made in China, itu artinya HP anda diproses atau dirakit di negara tersebut. Meski dirakit di China (bukan di California), namun proses perakitan HP IPhone tersebut tetap berada di bawah standar vendor pusat sehingga isinya sama persis hanya tenaga kerjanya saja yang berbeda.

Jika anda masih bingung IPhone dibuat di negara mana? Maka jawabannya adalah IPhone tidak hanya diproduksi di California saja melainkan dibeberapa Negara untuk mempermudah proses produksi. Bisa saja HP IPhone yang anda beli berasal dari negera China, Singapure, dll sesuai negara yang memproduksinya.

Bagaimana dengan kualitasnya HP IPhone yang dirakit dinegara lain seperti China? Baik komponen atau spesifikasi tentu diproduksi sama dan sesuai standar IPhone, hanya saja proses perakitannya dilakukan di negara China atau pabrik resmi IPhone lainnya.

Tidak hanya IPhone, vendor-vendor raksasa teknologi lain seperti Xiaomi, LG, Asus, dan bahkan Lenovo, juga mengandalkan manufaktur outsourcing dan mendirikan pabrik di negara lain untuk proses perakitan perangkatnya agar dapat menghemat biaya produksi dan sesuai dengan target.

Selain digunakan untuk mengetahui asal IPhone anda dibuat, kode IMEI juga sering dijadikan sebagai indikator untuk mengecek keaslian IMEI IPhone yang anda gunakan, silahkan kunjungi www.imei.info selanjutnya masukkan IMEI yang terdiri 15 digit angka pada kolom yang telah disediakan kemudian pilih “Check” untuk mengetahui hasilnya. Maka anda akan dibawa pada tampilan informasi tentang device yang anda cek tadi.

Untuk mengetahui asal Negara pembuatan HP iPhone yang anda gunakan, anda dapat melihat secara langsung pada kemasan perangkatnya. Meski dibuat di negara California atau China, anda tidak perlu khawatir karena HP IPhone itu tetap asli, karena tulisan “made in” pada label hanya menandakan negara yang merakit HP tersebut. Sehingga dari segi komponen dan spesifikasi semua sesuai standarisasi. Dan jika anda masih ragu mengenai keaslian perangkat yang anda gunakan, anda bisa cek melalui nomor IMEI atau LCD Test.

Baca Juga: 10 Cara Membedakan Iphone Palsu dengan Asli

Untuk membuat anda lebih yakin, silahkan baca artikel lainnya tentang iPhone di bawah! Demikian 8 Cara Cek HP iPhone Asli Dibuat dari Negara Mana? Semoga bermanfaat, salam dari Cekasli.com.

8 Cara Cek HP iPhone Asli Dibuat dari Negara Mana? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MAHA GADGED
Posted by Cek Asli
Cek Asli Updated at: Kamis, Januari 25, 2018
LIHAT KOMENTAR
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar