10 Cara Membedakan Beras Asli dan Plastik (Palsu)

Fenomena beras sintetis sempat booming di Indonesia tahun 2016, lalu bagaimana cara membedakan beras asli dan plastik (palsu)? Agar terhindar dari penipuan terhadap hal yang sepele semacam ini namun memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan tentu menuntut kita untuk selalu waspada dalam membeli beras. Beberapa berita online memang sudah banyak yang membahas tentang cara membedakan beras plastik dan beras asli, namun saya akan berusaha memberikan referensi tambahan untuk lebih mempermudah anda mengenal bahan makanan pokok asli ini.

Peredaran beras plastik menyebabkan warga Indonesia geger karena bahan makanan ini disinyalir berasal dari China, dimana Negara yang dijuluki Tirai Bambu tersebut memang gencar membuat suatu produk cloning meskipun membahayakan bagi orang lain.

Cara Membedakan Beras Asli dan Plastik (Palsu)

Sebut saja Apple, Samsung, dan beberapa brand terkenal lainnya yang dijadikan target pemalsuan untuk memperoleh keuntungan. Tak puas sampai disitu saja, mereka juga memalsukan bahan makanan seperti membuat beras plastik, telur plastik, dan masih banyak lagi.

Logikanya, bahan makanan seperti beras dan telur saja dipalsukan, apalagi obat-obatan yang ada di apotek sudah pasti banyak obat yang KW pula, alih-alih sehat setelah mengkonsumsi obat tersebut justru sakit anda malah semakin parah. Mungkin sekarang sudah zamannya hal yang palsu-palsu itu sedang jaya-jayanya, sehingga meskipun telah diusut oleh pemerintah namun masih saja beredar.

Demi mengatasi hal tersebut, kita sebagai konsumen yang cerdas harus mengetahui perbedaan beras plastik dan beras palsu (plastik) demi menjaga kesehatan kita dan keluarga ketika mengkonsumsi bahan makanan pokok ini.

Inilah 10 Cara Mengecek Beras Asli dan Plastik (Palsu)

Berikut ini Cekasli.com akan memberikan beberapa referensi yang bisa anda jadikan sebagai indikator dalam melihat ciri beras plastik yang beredar di pasaran saat ini.

1 Bakar dengan Korek Api
Cara sederhana menguji apakah itu beras plastik atau bukan adalah dengan mengambil satu sendok beras dan membakarnya menggunakan korek api. Apabila aroma yang ditimbulkan ketika dibakar seperti aroma ketika anda membakar plastik, maka dapat dipastikan bahwa beras tersebut adalah palsu yang mengandung plastik.

2 Coba Panaskan di Wajan
Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengambil satu sendok beras, kemudian memasukkan dalam wajan yang sudah dipanaskan menggunakan api atau kompor gas, kemudian masukkan beras tersebut disana. Jika itu beras plastik maka akan mencair dan membentuk lapisan di permukaan wajan.

3 Mengambang di Air atau Tidak
Silahkan anda ambil satu sendok teh, lalu masukkan ke dalam gelas yang berisi air penuh. Kemudian anda amati beras tersebut apakah mengambang atau tidak. Jika terbukti mengambang maka itu bisa jadi adalah beras plastik.

4 Rebus Beras Secukupnya
Anda dapat mengambil sengenggam beras lalu rebus beras tersebut dengan air secukupnya. Kemudian lihatlah nasi tersebut ketika mendidih, apakah terlihat lapisan tebal yang terbentuk tempat anda merebus. Jika Iya, itu pasti beras plastik.

5 Diamkan Beras Rebusan
Rebus segenggam beras dengan air secukupnya, kemudian setelah matang diamkan nasi tersebut selama beberapa hari. Jika tidak muncul jamur pada nasi maka dapat dipastikan bahwa itu adalah beras plastik karena ciri beras plastik adalah tidak bisa membusuk.

6 Uji Beras dengan Menumbuk
Ciri beras asli jika ditumbuk akan terlihat dengan jelas jika butiran berubah menjadi bubuk seperti tepung. Hal ini disebabkan berkat adanya kandungan karbohidrat pada beras ori. Jika beras plastik yang ditumbuk sudah pasti tidak akan menjadi bubuk, melainkan penyok atau pun patah karena beras plastik terbuat dari bahan sintetis.

7 Bedakan dengan Digigit
Ciri beras sintetis jika anda gigit maka tidak akan hancur menjadi tepung, melainkan kenyal atau penyok. Meskipun langkah ini sebenarnya belum terbukti 100% akurat bahwa beras tersebut palsu, namun bisa menjadi tolak ukur terhadap kualitas beras. Karena beras asli tentu akan remuk menjadi tepung ketika digigit dan rasanya dilidah memang beras sungguhan seperti yang anda makan sehari-hari.

8 Amati Warna Beras Asli
Kebanyakan dari beras plastik tampak putih bersih dan tidak ada cacat sama sekali karena dibuat dari mesin pengolah yang telah deprogram sedemikian rupa, sehingga setiap butiran beras yang keluar dari mesin tersebut sesuai standar yang diinginkan pelaku. Sedangkan beras asli pada umumnya berwarna tidak bisa 100% putih bersih tapi akan terlihat sedikit keruh, seperti halnya ciri batu akik asli umumnya memiliki inklusi, seperti terlihat warna putih kecil (bukan bening) dibagian tengahnya.

9 Gunakan Indera Perasa Anda
Kulit manusia mempunyai kemampuan meraba dan merasakan sentuhan yang sangat sensitif terutama pada permukaan ujung jari tangan kita. Apalagi yang diraba adalah benda yang menonjol maka akan sangat mudah kita rasakan. Untuk mengecek keaslian beras ini kita bisa merabanya, karena beras original akan terasa kasar pada permukaannya, sementara beras plastik akan terasa lebih licin dan halus.

10 Perhatikan Bagian Luar Beras
Cek keaslian beras dengan mengamati semacam balutan seperti tepung namun agak tipis pada kumpulan beras (bukan perbiji). Apabila terdapat hal semacam itu, maka itu dapat dikatakan beras asli. Namun lain halnya jika beras dicampur atau dioplos maka cara ini tidak akan berlaku. Tapi masih terdapat cara lain, yakni dengan mengambil segenggam beras lalu anda amati apakah ada semacam tepung yang menempel di telapak tangan anda atau tidak.

Kesimpulan yang dapat kita tarik pada beberapa tips di atas adalah kita sebagai konsumen warga Negara Indonesia harus cerdas dan cerdik dalam membeli bahan makanan yang akan kita konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Hindari tergiur dengan harga beras murah yang tidak wajar demi keamanan.

Lebih baik membeli beras yang harganya sedikit lebih mahal namun kualitas keasliannya terjamin daripada membeli beras dengan harga murah yang masih dipertanyakan keasliannya, karena kesehatan lebih mahal harganya daripada uang yang kita miliki.

Bagikan postingan ini kepada orang lain sebanyak-banyaknya untuk mempersempit ruang gerak pelaku pengedar beras plastik. Jika semua masyarakat cerdas dalam membeli beras maka pelaku pasti akan jera dan kembali ke jalan yang benar. Demikianlah 10 Cara Membedakan Beras Asli dan Plastik (Palsu), semoga bermanfaat.

10 Cara Membedakan Beras Asli dan Plastik (Palsu) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Cek Asli
Cek Asli Updated at: Senin, Maret 26, 2018
LIHAT KOMENTAR
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar