Kamera Canon Asli Dibuat dari Negara Mana?

Tahukah kamu produk kamera Canon buatan negara mana? Jika kebetulan belum mengetahuinya, maka kamu berada pada postingan yang tepat saat ini. Karena Cekasli.com akan memberikan informasi tentang asal-usul kamera Canon asli dibuat dari negara mana dan bagaimana bisa sampai ke tanah Air Indonesia kita tercinta ini.

Munculnya berbagai pertanyaan terkait asal usul kamera Canon karena banyak produk tersebut yang dijual dipasaran yang menyasar hampir seluruh Negara di dunia. Popularitas yang diperoleh Canon sebagai Vendor kamera didapat berkat kualitas kameranya yang memang telah teruji oleh banyak masyarakat dunia.

kamera Canon asli dibuat dari negara mana, asal negara pembuatan kamera Canon

Bahkan di Indonesia, produk besutan Canon sangat begitu laris manis meskipun dibandrol dengan harga yang mahal sekalipun. Namun sebagai konsumen yang cerdas, kita harus tahu mana Canon asli Indonesia dan bukan sehingga kita bisa terhindar dari produk yang bergaransi distributor terselubung.

Karena setiap Negara tempat produksi kamera Canon memiliki kualitas yang berbeda-beda. Berdasarkan data di 2018, ada beberapa Negara yang dianggap memiliki kualitas produksi kamera Canon terbaik karena sudah terpercaya dari tahun ke tahun hasilnya selalu memuaskan pengguna. Jika kalian penasaran berikut langkah pengecekannya:

Cara Mengetahui Asal Negara Camera Canon Asli

Untuk mengetahui kamera Canon berasal dari Negara mana kita menggunakan suatu indikator dari nomor seri mesin produk. Cara mengecek nomor seri kamera Canon sangat mudah karena kode unik tersebut telah disematkan pada setiap perangkatnya.

1) Biasanya nomor seri mesin pada kamera Canon berada pada bagian bawah kamera, yang dapat kamu lihat seperti pada gambar di bawah!


2) Silahkan kamu catat baik-baik nomor seri itu dan simpan ditempat yang aman, karena akan digunakan sewaktu-waktu dalam mengecek keaslian kamera Canon yang kamu miliki.

3) Langkah selanjutnya adalah kamu perhatikan dengan baik dari 12 digit nomor seri tersebut. Misalnya serial number camera Canon saya seperti gambar di atas adalah 592051006574.

CATATAN: Tidak semua kamera canon memiliki nomor seri 12 digit, ada juga beberapa kamera Canon serial number-nya 10 digit. Intinya kalian sesuaikan saja dengan model kamera yang kalian miliki saat ini.

4) Jika kode seri kamera Canon kalian sudah ketemu, selanjutnya perhatikan tepat di bawah nomor seri tersebut terdapat tulisan “Made In”. Nah... disanalah kamu mengetahui asal pembuatan kamera Canon tersebut.

5) Berdasarkan keterangan dari nomor mesin kamera Canon pada gambar di atas, kamera tersebut dibuat dan dirakit di Jepang, yang merupakan negara tempat pertama kali didirikannya perusahaan Canon asli sehingga kualitasnya sangat terjamin.

Namun jika ketika kalian melihat keterangan “Made In” dan ternyata kamera Canon yang kamu miliki adalah buatan Negara Tirai Bambu “Made In China” atau justru buatan Negara kita “Made In Indonesia”, apakah kamera tersebut asli?

Untuk menghilangkan keraguan tersebut maka diperlukan pembuktian. Jika kalian ragu akan keaslian kamera tersebut, kamu dapat melakukan pengecekan keaslian dari kamera itu melalui postingan yang sudah pernah saya ulas disini: 10 Cara Mengecek Kamera Canon Asli.

Kebanyakan pengguna Canon secara perlahan sudah mulai meragukan keaslian kameranya ketika melihat label “Made In” pada body kamera. Memang tidak mengherankan jika banyak yang khawatir tentang keaslian dan kualitas produk kamera Canon yang mereka gunakan, mengingat maraknya penjualan kamera Canon palsu yang beredar bebas dipasaran.

Apabila kalian melihat “Made In China” pada kemasan perangkat, hal ini berarti kamera Canon itu memang asli buatan China. Tapi, bukankah Canon berasal dari Jepang? Ya, Canon memang berasal dari Negeri Sakura, tepatnya di kota Tokyo, Jepang. Namun untuk produksinya, Canon juga juga mengandalkan manufaktur outsourcing.

Lebih dari 50 persen produksi kamera Canon berada di luar Jepang. Mengapa? Hal ini dipicu beberapa faktor yang mempengaruhi yakni: mudah mendapatkan bahan baku pembuatan kamera Canon tersebut, kecepatan produksi kamera memenuhi target, upah tenaga kerja pembuatan kamera Canon yang murah, serta menghasilkan laba yang besar pula dan menumbuhkan simbiosis mutualisme antara perusahaan Canon dan Negara tempat perakitan kamera Canon tersebut.

Canon Inc. yang bermarkas di Tokyo, adalah sebuah perusahaan Jepang yang mengkhususkan dalam produk gambar dan optik, termasuk kamera, mesin fotokopi dan printer komputer. Canon didirikan pada tahun 1933 oleh Yoshida Goro dan Uchida Saburo (adik iparnya) yang didanai oleh Takeshi Mitarai (teman dekat Uchida).

Tujuan awalnya adalah untuk mengadakan riset dalam pengembangan kamera berkualitas. Pada Juni 1934 ketiganya mengeluarkan kamera pertamanya yang bernama Kwanon. Nama tersebut terinspirasi dari Dewi welas asih Buddha. Pada tahun berikutnya perusahaan ini mengubah namanya menjadi Canon karena terlihat modern dan mampu ke kancah Internasional.

Khusus pada kancah kamera digital, Canon telah mendistribusikan kamera digital sejak 1984, dimulai dengan RC-701. Seri RC diikuti oleh PowerShot dan IXUS. Canon juga mengembangkan seri EOS (Electro-Optical System) dari kamera digital single-lens reflex (DSLR) yang mencakup model profesional high-end.

Teknologi terus diperbaharui oleh Canon dengan memperkenalkan Thermal Transition Copying sebagai bagian dari proses manufaktur untuk semua kameranya. Proses ini memungkinkan casing polimer kamera untuk sangat sedikit mengubah suhu kamera melalui reaksi eksotermis dipicu oleh sensor elektronik, untuk membantu dalam pencegahan kondensasi di dalam kamera.

Jadi, jika kamera kalian made in China, itu artinya kamera kamu diproses atau dirakit di negara Tirai Bambu. Meski dirakit disana (bukan di Jepang), namun proses perakitan kamera Canon tersebut tetap berada di bawah standar vendor pusat (Tokyo) sehingga isinya sama persis hanya tenaga kerjanya saja yang berbeda.

Apabila kamu masih bingung kamera Canon dibuat di negara mana? Maka jawabannya adalah Canon tidak hanya diproduksi di Jepang saja melainkan dibeberapa Negara untuk mempermudah proses produksi. Bisa saja kamera Canon yang kamu beli berasal dari negera China, atau Indonesia, sesuai negara yang memproduksi kamera itu.

Bagaimana dengan kualitasnya kamera Canon yang dirakit di negara lain seperti China/Indonesia? Baik komponen atau spesifikasi tentu diproduksi sama dan sesuai standar Canon, hanya saja proses perakitannya dilakukan di negara China atau pabrik resmi Canon lainnya.

Tidak hanya Canon, vendor-vendor raksasa teknologi lain seperti Nikon dan Sony, juga mengandalkan manufaktur outsourcing dan mendirikan pabrik di negara lain untuk proses perakitan perangkatnya agar dapat menghemat biaya produksi dan target yang dicapaipun sesuai.

Selain digunakan untuk mengetahui asal kamera Canon kamu dibuat, nomor seri mesin produk juga sering dijadikan sebagai indikator untuk mengecek garansi kamera Canon yang kamu gunakan, silahkan kunjungi www.canon.co.id selanjutnya masukkan nomor seri mesin kamera pada kolom yang telah disediakan kemudian “Enter” untuk mengetahui hasilnya. Maka kamu akan dibawa pada tampilan informasi tentang kamera Canon yang kamu cek tadi.

Baca juga referensi lain terkait kamera Canon di bawah! Demikianlah artikel tentang Kamera Canon Asli Dibuat Dari Negara Mana. Apabila terdapat hal-hal yang menurut kamu belum jelas, berikan komentar kamu.

Kamera Canon Asli Dibuat dari Negara Mana? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MAHA GADGED
Posted by Cek Asli
Cek Asli Updated at: Kamis, Maret 29, 2018
LIHAT KOMENTAR
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar