10 Cara Membedakan Lipstik Asli dan Palsu

Sudahkah anda mengetahui bagaimana cara membedakan lipstik asli dan palsu? Merk lipstik purbasari matte, lipstik wardah, kailijumei, dsb memang kerap terdapat versi KW-nya. Seperti yang kita ketahui, Lipstik adalah salah satu produk makeup yang sering digunakan oleh para wanita, sebagian besar para wanita merasa kurang nyaman (tidak percaya diri) bila berias tanpa mengenakan lipstik karena tanpa lipstik wajah akan terlihat pucat.

Bahkan ada beberapa wanita yang mengatakan “bila berias tanpa lipstik diibaratkan seperti langit tanpa bintang tidak akan terlihat indah bila dipandang”. Untuk memenuhi rasa percaya diri maka para kaum awam berlomba-lomba memilih lipstik yang terlihat/dipandang bagus, sudah menjadi hal biasa bila belakangan ini kebanyakan para wanita menghabiskan sebagian gajinya hanya untuk mengoleksi produk makeup salah satunya lipstik.

Cara Membedakan Lipstik Asli dan Palsu

Namun saat ini ada banyak sekali lipstik palsu yang dipasarkan secara bebas di Pasar maupun di Toko-toko terdekat, hal ini tentu menjadi ancaman bagi para wanita bila tidak berhati-hati dalam memilih lipstik, lipstik palsu akan sangat berbahaya bila digunakan secara langsung karena terdapat kandungan bahan-bahan kimia dan logam yang membahayakan  sehinggga dapat memicu kanker.

Tidak  dapat dibayangkan bila ternyata lipstik yang anda beli adalah ternyata lipstik palsu, dan bila hal itu terjadi pada anda, tentunya sangat merugikan diri anda sendiri, karena bila bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam lipstik langsung teraplikasi kebibir dan menempel pada makanan yang kita telan tentunya hal ini dapat menimbulkan penyakit yang membahayakan seperti kanker. Oleh karena itu pastinya anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada diri anda sendiri. Nah untuk menghindari hal-hal tersebut berikut ini ada beberapa cara untuk membedakan lipstik asli dan palsu antara lain :

1 Perhatikan Harga  Lipstik
Belakangan ini Banyak sekali lipstik palsu memakai nama produk yang cukup terkenal dengan harga yang jauh lebih murah, sehingga banyak menarik konsumen/ pembeli. Seharusnya para wanita merasa curiga bila harga lipstik yang anda beli harganya jauh lebih murah dari harga pada umumnya, karena bila harganya jauh lebih murah kemungkinan lipstik tersebut adalah palsu. jadi sebagai konsumen anda harus pandai dalam memilih produk jangan tergiur dengan harga murah karena hal ini dapat merugikan diri anda sendiri.

2 Pastikan Terdaftar BPOM
Kemasan produk apapun bila tidak mencantumkan izin edar dari Badan POM sebaiknya jangan dibeli karena setiap produk yang asli pasti terdaptar di  PBOM. Dan sebaliknya bila tidak mencantumkan izin edar dari BPOM itu artinya produk lipstik yang anda beli adalah produk palsu yang mengandung bahan kimia berbahaya. Dan untuk membuktikan apakah suatu produk yang anda beli sudah benar-benar terdaptar di BPOM, anda bisa cek di situs resmi BPOM.

3 Amati Kemasan Produk
Bila anda membeli produk lipstik sebaiknya sebelum digunakan cek terlebih dahulu di wibsite aslinya, jika kemasanya berbeda kemungkinan produk lispstik yang anda beli adalah palsu.

4 Terdapat Tanggal Kadaluarsa
Sebaiknya sebelum membeli lipstik terlebih dahulu anda harus memperhatikan tanggal ekspayet/ kadaluarsanya karena biasanya setiap produk asli yang dikeluarkan oleh BPOM pasti selalu mencantumkan tanggal kadaluarsa, disamping itu tanggal ekspayed  juga penting untuk mengetahui sampai kapan lipstik yang anda gunakan layak untuk dipakai. Jangan sampai anda menggunakan lipstik yang sudah kadaluarsa.

5 UJi Lipstik dengan Emas
Sebelum menggunakan lipstik sebaiknya jangan langsung diaplikasikan di daerah bibir karenakan sangat berbahaya bila ternyata lipstik yang kita beli adalah ternyata palsu. Untuk menguji keasliannya dapat di Uji dengan menggunakan emas.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan lipstik di bagian tangan anda kemudian digosok-gosok dengan menggunakan emas bila setelah digosok warna lipstik yang tadinya berwarna merah dan ternyata setelah digosok dengan emas warnanya berubah menjadi warna hitam, itu berarti lipstik yang anda beli adalah palsu (mengandung logam berat berbahaya yang dapat memicu kanker).

6 Uji dengan Kabel Tembaga
Selain menguji dengan menggunakan emas anda juga dapat menguji keaslian lipstik dengan menggunakan kabel tembaga, caranya juga sangat mudah yaitu ambillah sedikit lipstik kemudian dihaluskan dengan menggunakan mangkuk kecil setelah dihaluskan kemudian oleskan lipstik pada kabel tembaga yang telah disiapkan.

Setelah dioleskan pada kabel kemudian hapus lipstik tersebut dengan menggunakan lap, bila setelah dihapus warna kabel tembaga berubah menjadi putih itu artinya lipstik tersebut mengandung senyawa logam berat yang berbahaya dan dapat disimpulkan bahwa lipstik tersebut adalah palsu.

7 Usapkan ke Tangan Anda
Lipstik palsu ternyata tidak hanya terbuat dari senyawa logam yang berbahaya melainkan ada juga yang terbuat dari bahan kimia yang berbahaya sehingga dapat menyebabkan iritasi, rasa panas dan gatal bahkan bisa sampai melepuh. Tidak dapat dibayangkan bila hal tersebut terjadi pada bibir anda sendiri alangkah mirisnya nasib anda.

Nah untuk menghindari hal tersebut sebaiknya sebelum memakai lipstik terlebih dahulu aplikasikan pada tangan anda, hal ini sebagai salah satu cara untuk menguji keaslian lipstik yang sudah terlanjur anda beli, bila setelah diaplikasikan ternyata tangan anda iritasi, gatal dan terasa panas bahkan sampai melepuh, itu artinya lipstik yang anda beli adalah palsu.

Namun anda masih bersyukur karena hal itu tidak terjadi langsung pada bibir anda sendiri, dapat dibayangkan bila hal itu terjadi langsung pada bibir anda dan pastinya bibir anda terlihat tidak menarik lagi (cacat).

8 Iritasi pada Kulit
Menggunakan lipstick dengan merek palsu tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan, terlebih lagi dapat mengakibatkan iritasi kulit. Hal ini dikarenakan lipstik KW mengandung banyak sekalai bahan kimia yang berbahaya bagi kulit.

Banyak yang mengatakan jika di dalam lipstik tiruan terkandung zat Rhodamin B, dimana bahan tersebut sering digunakan untuk mewarnai kertas dan tinta. Apabila pengguna memakai lipstik dan tertelan maka akan menimbulkan dampak yang lebih berbahaya seperti gangguan pada saluran cerna, terjangkit liver bahkan dapat menyebabkan kanker.

9 Promo yang Tidak Wajar
Hati-hatilah jika anda ditawarkan sebuah lipstik yang digadang- gadang sebagai PROMO sehingga dijual sangat murah. Lipstik merek asli tentu akan memberikan harga yang wajar dan tidak terlalu over meskipun dalam promo sekalipun.

10 Dijual Bebas di Pasaran
Perbedaan lipstik asli dan palsu yang paling mudah kita ketahui adalah cara pemasarannya. Kebanyakan lipstik palsu dijual bebas di pasar-pasar sehingga sangat mudah dijumpai oleh masyarakat awam yang belum mengetahui keaslian lipstik tersebut.

Selain lipstik, suatu hal diluar dugaan yang ikut juga dipalsukan adalah makanan, karena makanan/ minuman memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk itu, tingkatkan kewaspadaan anda dengan mengetahui: 10 Cara membedakan beras asli dan plastik.

Demikian beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengetahui lipstik asli dan palsu yang akan anda beli di toko online maupun offline, semoga bermanfaat bagi kita semua.

10 Cara Membedakan Lipstik Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Cek Asli
Cek Asli Updated at: Senin, April 23, 2018
LIHAT KOMENTAR
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar