10 Perbedaan HP Rekondisi dan Refurbished, Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Bagaimana cara mengetahui perbedaan HP Rekondisi dan Refurbished? Meskipun banyak dari mengenal kedua jenis HP tersebut, namun masih ada yang salah mengucapkan atau mengartikan kedua istilah perangkat itu.

Perbedaan HP Rekondisi dan Refurbished, Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Sebenarnya jika dilihat dari pengertian secara umum, HP refurbished dan rekondisi memang persis. Ya, sama-sama berasal dari HP yang rusak, lalu diperbaiki lagi. Memang sepintas sepertinya tak ada bedanya.

Inilah 10 Perbedaan HP Rekondisi dan Refurbish

Sebenarnya di antara HP refurbished dan rekondisi memiliki perbedaan makna yang sangat jauh. Mau tahu apa bedanya? Simak ulasan cekasli.com beikut ini:

1) Perakitan dan Perbaikan HP

Inilah yang membedakan HP rekondisi dengan HP refurbished. HP rekondisi merupakan HP yang telah rusak, kemudian dilakukan perbaikan lagi oleh seorang teknisi HP yang sudah mahir dibidangnya.

Sedangkan HP refurbished merupakan barang bekas, namun masih layak pakai. HP refurbished biasanya digunakan untuk pameran ketika peluncurannya. Jika pameran telah selesai, HP refurbished kemudian ditarik kembali untuk dirakit ulang oleh pabrik aslinya.

2) Bahan Yang Digunakan

Biasanya, HP Rekondisi dirakit oleh seorang yang ahli dibidang bongkar pasang mesin HP, sehingga mereka memiliki banyak perangkat sejenis, tujuannya adalah supaya mereka dapat mengambil komponen dari HP lain untuk merakit HP reondisi tersebut. Artinya, pembuatan HP rekondisi menggunakan barang bekas dari HP lain sebagai pendonor suku cadang. Namun, jika komponen tidak ada, perakit pasti membeli komponen di tempat lain, tapi dengan kualitas yang rendah/ KW.

Sementara pada HP refurbished karena dirakit oleh pabrik aslinya secara langsung, bahan yang digunakanpun memenuhi standar sehingga aman dipakai meskipun dalam jangka waktu yang lama. Artinya, semua komponen yang tertanam pada HP refurbished adalah 100% original.

3) Peforma Yang Dihasilkan

Karena HP rekondisi dirakit dengan komponen asal-asalan dan tanpa memperhatikan standar keamanan, sehingga tampilan dan performa HP rekondisi sangat berbeda dengan HP refurbished. Dimana HP rekondisi memiliki peforma lebih lambat.

Sedangkan HP refurbished yang dirakit dengan menggunakan komponen yang telah lulus uji coba dan memenuhi standar mutu, menjamin HP refurbished tetap mempunyai performa yang Wusss. Karena jika kualitasnya tidak kencang, harga diri pabrik tersebut akan jatuh dan para pelanggannya pun akan lari ke vendor lainnya.

4) Garansi HP Refurbished dan Rekondisi

Apabila HP rekondisi tidak memiliki garansi, maka HP refurbished punya garansi. Hal tersebut dikarenakan HP refurbished diperbaiki langsung oleh pabrik aslinya sehingga mereka menjamin kualitas perangkat itu. Masa garansi setiap perangkat tentu berbeda, mulai dari yang singkat hingga yang lama, mualai dari garansi seminggu, sebulan hingga setahun.

5) Suara yang Speaker Pada HP

Ini adalah kekurangan sering muncul pada HP rekondisi. Hal tersebut sudah dianggap lumrah terjadi mengingat itu merupakan barang bekas, sehingga kualitas suaranya pun tidak jernih. Lagi-lagi konsumen yang dirugikan dengan beredarnya produk tersebut. Namun, jika kamu beruntung, kamu bahkan bisa memperoleh HP rekondisi yang masih bagus dengan kualitas suara yang menggelegar.

Berbeda halnya dengan HP refurbished, sangat jarang sekali terdapat HP refurbished yang suaranya buruk. Hal ini dikarenakan semua komponen pada perangkat tersebut adalah asli sehingga kualitas suara yang dihasilkan juga turut mendukung.

6) Harga HP Refurbished dan Rekondisi

Di balik banyaknya kelemahan, pasti ada kelebihannya. Apalagi kalau bukan harga yang ditawarkan HP rekondisi yang sangatlah murah. Hal tersebut dikarenakan ketika melakukan perakitan pelaku memakai komponen bekas yang memiliki kualitas rendah. Jika memang kamu punya budget sedikit, boleh saja membeli HP rekondisi. Namun yang harus kalian waspadai adalah harga selalu berbanding lurus dengan kualitas perangkat.

Dari beberapa perbedaan tersebut, kamu pasti dapat memberikan kesimpulan jika harga HP refurbished memang lebih mahal ketimbang harga HP rekondisi dipasaran. Hal itu dikarenakan perakitan HP refurbished dilakukan langsung oleh pabrik aslinya sehingga komponen yang digunakan memiliki kualitas yang bagus ditambah ada garansi pula.

7) Perubahan Pada Perangkat

Jika kita perhatikan di HP rekondisi memiliki banyak sekali perbedaan, bisa kita lihat dari perubahan font, berat perangkat lebih ringan, case dengan kualitas rendah, dan masih banyak lagi. Untungnya hal tersebut terjadi hanya pada beberapa perangkat saja. Intinya, apabila kamu sangat beruntung maka kamu dapat memperoleh perangkat yang masih dalam keadaan baik.

Sementara pada perangkat refurbished semua fitur dan menu yang ada di dalamnya 100% sama dengan HP aslinya sehingga tidak terdapat perbedaan yang mencolok karena telah diperbaharui oleh pabrikannya langsung.

8) Perbedaan Kemasan Perangkat

Selain itu kemasan HP rekondisi juga berbeda dengan kemasan HP refurbished. Pada HP rekondisi biasanya tidak menyertakan keterangan pada kemasan perangkatnya. Sehingga konsumen yang masih awam akan mengira jika itu adalah HP baru.

Sementara pada kemasan HP refurbised pastinya terdapat keterangan bahwa HP ini adalah HP refurbished atau semacamnya. Adanya perbedaan tersebut membuat para konsumen mudah membedakan antara HP baru dan HP refurbished.

9) Cek Spesifikasi HP Rekondisi dan refurbished

Aplikasi yang paling banyak membantu untuk mengetahui spesifikasi HP sangat banyak di internet, salah satunya adalah Antutu Benchmark yang banyak digunakan untuk menguji grafis sekaligus mengetahui peforma dan spesifikasi perangkat.

10) Cek Masa Pembelian HP

Kamu juga dapat cek HP rekondisi dan refurbished dari tanggal pembelian perangkat. Silahkan dial *#06# maka akan muncul kode IMEI HP tersebut, kemudian kamu kunjungi situs resmi HP tersebut lalu masukkan kode IMEI disana maka akan terlihat kapan pertama kali HP itu diaktifkan.

Kesimpulan

HP rekondisi dan refurbished itu 100% berbeda. Baik dilihat dari segi perakitan, harga maupun kualitas juga beda.

Baca Juga: 7 Cara Cek Tipe HP (All Type) Akurat Tanpa Kode Rahasia

Jika masih bingung tentang apa perbedaan HP rekondisi dengan refurbished di atas, silahkan bubuhkan pertanyaan atau masukan kamu di kolom komentar ya!

10 Perbedaan HP Rekondisi dan Refurbished, Bagaimana Cara Mengetahuinya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Cek Asli
Cek Asli Updated at: Jumat, Juni 29, 2018
LIHAT KOMENTAR
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar